Facebook. Mungkin hampir semua orang di dunia sudah mengetahui apa itu Facebook. Tapi taukah kalian bagaimana sejarah Facebook?? Nah kali ini Aku mau bagi-bagi info buat kalian. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark  Zuckerberg  sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa  Harvard.
Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
 Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang  temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto   dan menyewa apartemen di sana  .
 Setelah beberapa minggu di Palo Alto  . Zuckerberg berhasil bertemu  dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan  tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook  untuk bekerja sama mengembangkan Facebook.  Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel  (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan  500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
 Jumlah account di Facebook  terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan  tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook  seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg  sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama  setelah itu Facebook  menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel  Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus  mengalir untuk pengembangan Facebook.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Cukup fantastis. Harus kita akui Facebook juga menjadi keseharian setiap penggunanya tak terkecuali saya sendiri. Tapi terlepas dari Pro dan Kontra Facebook. Yang jelas kita harus mengambil sisi positif dari facebook.
Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Cukup fantastis. Harus kita akui Facebook juga menjadi keseharian setiap penggunanya tak terkecuali saya sendiri. Tapi terlepas dari Pro dan Kontra Facebook. Yang jelas kita harus mengambil sisi positif dari facebook.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar